Selamat Datang di Blog Saya "Happy Reading" ^_^

Kamis, 10 Maret 2016

#ERPT01A - Introducing My Self & ERP System in PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk.

Halloooooo Selamat siang dan Salam kenal Kawula Muda dimanapun berada :D.

Ada pepatah yang mengatakan : "Tak Kenal Maka Tak Sayang", maka daripada itu, izin memperkenalkan diri, nama saya Okky Putra Arganata, umur saya saat ini 23 Tahun (sudah waktunya nikah nih, hehehe, #plak nanti dulu), saya saat ini sedang melanjutkan program studi Sarjana Strata 1 Teknik Industri di Universitas Pancasila yang kece badai ^-^, hahahaha. 

Saya lahir di Tuban Jawa Timur, tepatnya tanggal 9 Mei 1992. Saat ini saya sedang bekerja di Planet Bekasi, yang kata kawula muda berada di luar Planet Bumi, karena udaranya yang sangat panas, wkwkwkwkw, tapi kalau saya rasa sih biasa aja #cieee tahan panas, hahha. Oh iyaa Be'Te'We, saya saat ini bekerja di salah satu Perusahaan BUMN yang terkenal dengan Logo Api Biru, iyaa betuuuul, yaitu di PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk Area Bekasi

Oke cukup perkenalan tentang saya ya, kalau mau tau lebih lanjut bisa langsung kasih komeng di Blog ini :), hehehe, #Modus. Baiklah, yuuuuks kita bahas tentang ERP (Enterpise Resource Planning) di tempat kerja saya ya :). ERP sudah diterapkan di PGN dan sudah cukup lama gaes, salah satu yang dipakai adalah CRM (Customer Relationship Management). Nah apakah itu CRM? Dalam perkembangannya, CRM bisa diartikan sebagai berikut :

"CRM adalah sebuah istilah TI untuk metodologi, strategi, perangkat lunak (software) dan atau aplikasi berbasis web lainnya yang mampu membantu sebuah perusahaan (enterprise, kalau besar ukurannya) untuk mengelola hubungannya dengan para pelanggan, atau
CRM adalah usaha sebuah perusahaan untuk berkonsentrasi menjaga pelanggan (supaya tidak lari ke pesaing) dengan mengumpulkan segala bentuk interaksi pelanggan baik itu lewat telepon, email, masukan di situs atau hasil pembicaraan dengan staf sales, dan marketing." (source : http://yulia64.tripod.com/CRM.htm)

CRM di PGN bisa diilustrasikan sebagai berikut :

Di PGN sendiri, CRM ini sangat membantu dalam proses billing, terlebih lagi saat ini Pelanggan sudah mencapai puluhan ribu. Dengan adanya CRM ini, proses billing menjadi lebih cepat dan muda.

Oke gaes -gaes sekian dulu dari sayaa yaah, akan kita sambung lagi ilmu tentang ERP pada kesempatan selanjutnya :D.


Sincery,


Okky Putra Arganata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar